Contoh Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) Bahasa dan Sastra Sunda Fase A, B dan C


 

(Contoh ATP Fase A sebelumnya - Kelas 1, Semester 1):

  1. Mengenal dan melafalkan huruf-huruf dalam aksara Sunda (jika diajarkan di daerahmu).
  2. Menyimak dan merespon instruksi sederhana dalam bahasa Sunda.
  3. Membaca kata-kata yang terdiri dari dua suku kata.
  4. Menulis kata-kata yang terdiri dari dua suku kata.
  5. Mengenal nama-nama benda di sekitar dalam bahasa Sunda.
  6. Menyimak dan menceritakan kembali dongeng pendek dalam bahasa Sunda.

(Contoh ATP Fase A -Kelas 1, Semester 2):

  1. Membaca kalimat sederhana yang terdiri dari 3-4 kata.
  2. Menulis kalimat sederhana tentang kegiatan sehari-hari.
  3. Menyanyikan kawih anak-anak Sunda.
  4. Memperkenalkan diri menggunakan bahasa Sunda sederhana.
  5. Menyimak percakapan sederhana dan memberikan respons.
  6. Mengenal anggota tubuh dalam bahasa Sunda.

(Contoh ATP Fase A - Kelas 2, Semester 1):

  1. Membaca teks pendek (2-3 paragraf) dengan lancar.
  2. Menulis karangan pendek sederhana berdasarkan gambar.
  3. Menceritakan kembali isi dongeng yang telah dibaca.
  4. Mengajukan pertanyaan dan memberikan jawaban berdasarkan teks yang dibaca.
  5. Mengenal dan menggunakan pakarang (tanda baca) dasar.
  6. Menyimak dan memahami isi pupuh sederhana.

(Contoh ATP Fase A -Kelas 2, Semester 2):

  1. Membaca puisi pendek (sajak) dalam bahasa Sunda.
  2. Menulis puisi pendek sederhana dalam bahasa Sunda.
  3. Bermain peran berdasarkan cerita rakyat Sunda.
  4. Menggunakan ragam bahasa Sunda hormat ka batur (halus untuk orang lain) dan lemes keur sorangan (halus untuk diri sendiri) dalam percakapan.
  5. Mengenal nama-nama tempat (geografi) sederhana dalam bahasa Sunda.
  6. Mendeskripsikan benda-benda di sekitar menggunakan bahasa Sunda.

CP dan ATP Bahasa & Sastra Sunda Fase B (Kelas 3-4 SD/MI):

(Contoh ATP Fase B sebelumnya - Kelas 3, Semester 1):

  1. Menyimak dongeng Sunda dan mengidentifikasi tokoh dan wataknya.
  2. Membaca teks deskripsi tentang lingkungan sekitar dalam bahasa Sunda.
  3. Menceritakan pengalaman pribadi menggunakan bahasa Sunda.
  4. Menulis kalimat sederhana tentang kegiatan sehari-hari dalam bahasa Sunda.
  5. Mengenal dan menggunakan pakarang (tanda baca) dalam kalimat bahasa Sunda.

(Contoh ATP Fase B -Kelas 3, Semester 2):

  1. Membaca teks narasi pendek dalam bahasa Sunda.
  2. Menulis teks narasi pendek berdasarkan gambar seri.
  3. Menyimak dan memahami isi berita sederhana dalam bahasa Sunda.
  4. Bermain peran menggunakan ragam bahasa Sunda yang sesuai.
  5. Mengenal dan menggunakan peribahasa Sunda sederhana.
  6. Mengapresiasi keindahan pupuh (tembang tradisional Sunda).

(Contoh ATP Fase B - Kelas 4, Semester 1):

  1. Membaca teks deskripsi tentang kesenian daerah Sunda.
  2. Menulis teks deskripsi sederhana tentang objek wisata di daerah setempat.
  3. Menyimak dan memahami isi wawancara sederhana dalam bahasa Sunda.
  4. Menceritakan kembali isi cerita rakyat Sunda dengan bahasa sendiri.
  5. Mengenal dan menggunakan kata serapan dari bahasa Indonesia dan bahasa asing dalam bahasa Sunda.
  6. Mendiskusikan isi teks bacaan dalam kelompok.

(Contoh ATP Fase B -Kelas 4, Semester 2):

  1. Membaca teks pidato pendek dalam bahasa Sunda.
  2. Menulis surat undangan sederhana dalam bahasa Sunda.
  3. Mempraktikkan cara berpidato sederhana dalam bahasa Sunda.
  4. Mengidentifikasi dan menggunakan kecap rajekan (kata ulang) dalam kalimat.
  5. Menulis karangan sederhana berdasarkan pengalaman pribadi.
  6. Mengapresiasi dan memahami isi kawih (lagu) Sunda.

CP dan ATP Bahasa & Sastra Sunda Fase C (Kelas 5-6 SD/MI):

(Contoh ATP Fase C sebelumnya - Kelas 5, Semester 1):

  1. Menyimak dan menganalisis isi pidato pendek dalam bahasa Sunda.
  2. Membaca teks wawancara dalam bahasa Sunda dan mengidentifikasi informasi penting.
  3. Menulis laporan sederhana tentang kegiatan sekolah dalam bahasa Sunda.
  4. Mempraktikkan percakapan dalam bahasa Sunda dengan tema jual beli di pasar.
  5. Mengenal dan memahami unsur-unsur intrinsik dalam pupuh.

(Contoh ATP Fase C -Kelas 5, Semester 2):

  1. Membaca teks berita dalam bahasa Sunda.
  2. Menulis teks berita sederhana berdasarkan peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitar.
  3. Menyimak dan memahami isi dongeng yang lebih kompleks.
  4. Mendiskusikan isi dongeng dan memberikan tanggapan.
  5. Mengenal dan menggunakan kecap anteuran (kata pengantar) dalam kalimat.
  6. Mengarang cerita pendek sederhana dalam bahasa Sunda.

(Contoh ATP Fase C - Kelas 6, Semester 1):

  1. Membaca dan memahami isi teks biografi tokoh Sunda.
  2. Menulis teks biografi singkat tentang tokoh yang dikagumi.
  3. Menyimak dan menganalisis isi wawancara dengan tokoh masyarakat.
  4. Mempresentasikan hasil karya (misalnya, laporan, cerita, puisi) dalam bahasa Sunda di depan kelas.
  5. Mengenal dan menggunakan gaya bahasa dalam pupuh.
  6. Menulis aksara Sunda (jika masih diajarkan).

(Contoh ATP Fase C -Kelas 6, Semester 2):

  1. Membaca dan memahami teks artikel tentang budaya Sunda.
  2. Menulis esai pendek tentang pelestarian budaya Sunda.
  3. Menyimak dan mengapresiasi pertunjukan seni tradisional Sunda.
  4. Berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian budaya Sunda di sekolah atau lingkungan sekitar.
  5. Merefleksikan dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Sunda selama satu fase.
  6. Mempersiapkan diri untuk melanjutkan pembelajaran bahasa Sunda di jenjang berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar